6 Musisi Tanah Air yang memilih jalur indie, tak cuma Sheila on 7

6 Musisi Tanah Air yang memilih jalur indie, tak cuma Sheila on 7

6 Musisi Tanah Air yang memilih jalur indie, tak cuma Sheila on 7

willhorse.com - Siapa yang tak mengenal grup band Sheila on 7? Grup band yang digawangi oleh empat personel yang terdiri atas Eross Candra, Duta, Adam, dan Brian ini telah berkiprah di belantika musik Indonesia selama 22 tahun.

Band asal Yogyakarta ini baru saja merilis lagu baru berjudul Film Favorit. Lagu tersebut menjadi langkah awal Sheila on 7 bermusik secara indie.

Setelah 22 tahun bermusik dengan nama label besar, Sheila on 7 membuat keputusan besar untuk berkiprah di jalur indie.

Tak hanya Sheila on 7, deretan musisi lain juga menempuh keputusan yang sama. Meski memiliki tantangan tersendiri, musisi Tanah Air ini tak gentar bermusik di jalur indie.

Brilio.net telah merangkum dari berbagai sumber pada Kamis (1/2). Ini dia 6 musisi Tanah Air yang memilih berkiprah di jalur indie.

1. Project Pop.

foto: kapanlagi.com

Tahun 2013 menjadi langkah baru bagi grup vokal Project Pop dalam perjalanan karier bermusiknya. Grup yang digawangi oleh Gugum, Odie, Tika, Udjo, Yosi, dan alm. Oon memutuskan untuk keluar dari major label. Pelantun tembang Bukan Superstar ini memilih bermusik di jalur indie.

Keputusan Project Pop ini telah dipikirkan secara matang. Meski berkarier di jalur indie, para personel mengaku ingin mengomersilkan karya-karyanya. Grup asal Bandung ini masih memiliki penggemar setia hingga kini.

2. Andien Aisyah.

foto: Instagram/@andienaisyah

Penyanyi jazz Andien Aisyah merilis album bertajuk Metamorfosa di tahun 2017 lalu. Album bertajuk metamorfosa milik Andien ini menjadi album indie keduanya. Andien Aisyah mengaku menggarap album ini secara mandiri. Momen ini seolah menghadirkan kembali musik jazz Andien semula. Banyak penggemar yang mengapresiasi karya indie dari Andien Aisyah.

3. Rio Febrian.

foto: Instagram/@riofebrian25

Pelantun tembang Aku Bertahan, Rio Febrian memutuskan untuk berkiprah di ranah indie. Hal tersebut sejalan dengan berakhirnya kontrak dengan label mayor yang telah membesarkan namanya. Tahun 2017 lalu menjadi babak baru perjalanan karier Rio Febrian di ranah indie.

4. Endank Soekamti.

foto: Instagram/@endanksoekamti

Tahun 2011 Endank Soekamti nekad untuk membuat record label dan production house sendiri yang diberi nama Euforia Records dan Euforia Audio Visual. Saat yang sama, Endank Soekamti memutuskan untuk berkiprah di jalur indie.

5. Kamasean.

foto: Instagram/@kamasean

Penyanyi jebolan ajang pencarian bakat, Kamasean memutuskan untuk berkiprah di jalur indie. Hal tersebut dimulai pada singel keduanya yang diproduksi tanpa label mayor. Ia mengaku dalam bermusik dirinya merasa sedikit idealis. Meski begitu, berkiprah di jalur indie tidaklah mudah karena harus melakukannya secara mandiri.

6. Vidi Aldiano.

foto: Instagram/@vidialdiano

Album terakhir Vidi Aldiano bertajuk Persona ini menjadi momennya berkiprah di jalur indie. Langkah tersebut dianggap Vidi untuk menjadi independent artist. Album terbarunya ini diproduksi oleh label indie.